PENYEBAB GINJAL RUSAK

 kebiasaan-perusak-ginjal-doktersehat

 

DokterSehat.Com - Ginjal merupakan salah satu organ dalam tubuh yang rawan mengalami kerusakan. Apalagi jika kita menerapkan gaya hidup yang tidak sehat. Sayangnya, banyak orang yang melakukan hal tersebut sehingga menambah beban kerja organ ini. Padahal, hal ini bisa memicu datangnya penyakit berbahaya. Berbagai kebiasaan buruk untuk ginjal

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa ginjal yang sudah mulai rusak atau terkena penyakit tidak dapat lagi berfungsi dengan baik. Hal ini tentu saja menyebabkan berbagai racun meningkat di dalam tubuh dan akhirnya berdampak buruk bagi kesehatan tubuh secara umum.

Berikut berbagai kebiasaan tidak sehat yang dapat merusak ginjal kita:

Makan makanan dengan banyak garam sering

Makanan tinggi garam tidak hanya ditemukan di makanan rumahan atau di restoran. Padahal, banyak makanan kemasan yang juga mengandung garam tinggi, seperti keripik, kerupuk, dll. Sayangnya, kami tidak mendapatkannya karena belum tentu asin.

Hanya tidak bisa menaikkan tekanan darah. Makanan tinggi garam juga dapat membuat ginjal stres dan pada akhirnya sangat merusak fungsinya. Bahkan, pakar kesehatan James Simon dari Klinik Cleveland mengatakan bahwa mengonsumsi makanan tinggi garam dapat meningkatkan risiko terkena batu ginjal.

Untuk menjaga kondisi fisik, pakar kesehatan menyarankan untuk membatasi asupan garam maksimal 2.300 mg per hari. Malas mengukur tekanan darah secara rutin

Tekanan darah memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kondisi umum ginjal. Ketika kita mengalami masalah tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol, maka dapat merusak pembuluh darah di ginjal dan akhirnya merusak organ ini. Masalahnya adalah banyak orang bahkan tidak menyadari bahwa mereka memiliki tekanan darah tinggi karena tidak pernah memeriksakannya.

Ingatlah untuk memeriksa tekanan darah Anda secara teratur setidaknya dua kali setahun untuk mengetahui status tekanan darah Anda dan menerapkan gaya hidup sehat agar tetap seimbang.
 

Merokok

Rokok dapat memiliki efek kesehatan yang sangat besar pada hampir setiap bagian dan organ tubuh. Ini karena kemampuannya meningkatkan tekanan darah dan merusak pembuluh darah, termasuk ginjal. Penelitian menunjukkan bahwa merokok selama 16 tahun pun dapat meningkatkan risiko kanker ginjal hingga 40 persen!
 

Minum lebih sedikit

Tidak hanya menyebabkan haus atau dehidrasi, kurang minum juga dapat meningkatkan risiko kerusakan ginjal secara signifikan. Hal ini karena ginjal harus bekerja lebih keras untuk menyaring darah yang jauh lebih kental akibat ketidakseimbangan cairan tubuh. Ini pada akhirnya akan melemahkan fungsinya secara signifikan.
 

Mengonsumsi narkoba

Penggunaan obat pereda nyeri secara sembarangan tanpa mengikuti dosis atau anjuran medis dapat menyebabkan kerusakan ginjal. Penggunaan obat-obatan dalam jangka panjang tanpa pengawasan medis juga dapat menyebabkan hal ini. Ini karena ginjal harus bekerja keras untuk memproses obat-obatan ini, membuat mereka rentan terhadap kerusakan.
 

Kurang tidur

Kurang tidur membuat ginjal tegang dan mereka tidak cukup istirahat. Hal ini pada akhirnya dapat memberikan kontribusi yang signifikan terhadap kerusakan organ ini.

Hobi minum alkohol

Tidak hanya dapat menyebabkan kerusakan atau penyakit hati, tetapi minum minuman beralkohol dapat menggandakan risiko Anda terkena penyakit ginjal kronis!

Comments

Popular posts from this blog

9 Cara Memilih Sayuran yang Segar dan Sehat

Telur Ikan Bisa Picu Kolesterol Tinggi?

Bolehkah Balita Makan Durian?